Kosong

Pindah

Berkenalan Dengan Aksara Sunda

Salam kenal, ini postingan saya yang pertama. Ya…. Walaupun bukan asli dari saya tapi moga blog ini bermanfaat. oh iya kalu gambarnya gak jelas klik aja gambar tuk memperjelasnya. hampura nembe diajar. maaf baru belajar. Karena saya URANG SUNDA, jadi postingan pertama ini saya mau sharing tenatang sunda juga, yaitu AKSARA SUNDA.

Seperti yang udah kalian tahu, kalua bangsa kita, bangsa Indonesia memiliki segudang budaya yang hebat, bagus-bagus, dan indah pula. Nah salah satunya aksara (tulisan), hampir di setiap suku di Indonesia memiliki yang namanya aksara. Seperti orang-orang jawa yang punya aksara HaNaCaRaKa. Nah Orang Sunda juga punya tuh yang namanya aksara, yang disebut aksara Sunda.

Aksara sunda dewasa ini jarang bahkan mungkin tidak diketahui oleh orang-orang sunda. Walaupun Pemerintah Jawa Barat telah melestarikannya dalam berbagai cara seperti dibuatnya Unicode khusus untuk Aksara Sunda, memakainya di plang nama-nama jalan yang ada di jawa barat, membakukan aksara sunda yang tadinya aksara Sunda Kuna, sekarang jadi Aksara Sunda Baku, dsb. Tapi walaupun begitu tetap masih banyak orang sunda yang tidak tahu sedikitpun Aksara Sunda itu. Padahal ini aksara sudah dipakai oleh orang sunda dulu sejak abad 14. Tapi sekali lagi, orang sunda sekarang banyak yang tidak tahu bbagaimana aksara sunda ditulis.

[ya,,,, walaupun saya juga masih belajar dan hanya bisa sedikit ^_^, yang penting sudah ada semangat, bener teu? Biarin sedikit, kan sedikit demi sedikit lama-lami menjadi bukit, cikaracak ninggang batu laun-laun jadi legok, itu mota yang saya jalani ^_^].

Oke, kita kemabali lagi ke naskah. Oleh karena banyak orang sunda yang tidak tahu aksara sunda saya akan membagi sedikit tentang aksara sunda ini, sebatas kemampuan saya dan karena saya juga sedang belajar jadi kalo ada yang salah maaf yaaaa, hampura pisan. ^_^

Di aksara sunda ada yang disebut:

1. Aksara Swara

Aksara swara adalah tulisan yang melambangkan suara vocal mandiri. Sura vocal di bahasa Sunda ada 7 jadi aksara swarapun ada tujuh (a, é, i, o, u, e, dan eu). Berikut bentuk hurufnya:

1. Aksara Ngalagena

Aksara ngalagena adalah tulisan ayng secara silabis dianggap bisa melambangkan suara konsonan.. Kalau di aksara sunda itu suara konsonannya adalah |huruf konsonan+bunyi vocal A| Jadi kalau Huruf S dilatin, maka huruf S+A jadinya SA = . Ada 23 buah aksara ngalagena yaitu seluruh suara konsonan latin+vocal A plus bunyi /nya/ dan /nga/. Berikut bentuknya:

1. Rarangken

Rarangken adalah lambang vokalisasi aksara sunda yang fungsinya merubah suara murni /a/ menjadi suara lain seperti /i/. Ada 13 buah yang cara penulisannya sbb:

1.    Angka

Angka kalu ini semuanya sudah tahu, angka 0-9 dilambangkan sbb:

1. Tanda Baca

Ya…. Tanda baca juga diterapkan dalam aksara sunda ini. Bagaimana bentuknya? Ya….. kalau titik giman bentuknya? Ya itu. Tidak ada perubahan bentuk dalam tanda baca kalau bentuk titik begitu ya begitu gak begini.

Yah.. mungkinn hanya segini yang bisa saya bagi, gimana lagi Cuma segini yang saya bisa. Yah kalau mau lebih jelasnya banyak koq situs, blog yang ngejelasin tentang aksara sunda, googling aja… salah satunya:

Pokoknya googling aja, kali-kali ke warnet ato ngenet dirumah, cari tentang budaya kita jangan yang gitu-gitu mulu. Ini kan bermanfaat bagi kelangsungan aksara kita. Sakali-sakali ngawarnet the neangan anu aya mangfaatna keur urang, keur suku urang.

Oke segitu dulu kapan-kapan kita bahas lagi okeeeeeeeeeee. Kali lagi mohon maaf kalo banyak salah (Maklum Belajar), dan ingat manfaat kan teknologi informasi dengan baik dan bijak.

Lah lupa yang niat belajar ni aksara boleh tuh kalau mau download font, dokumentasi, dll. Ada dalam 1 paket .rar dengan password AksaraSunda. download disini.

Gimana cara makenya, ya googling aja, itung-itung belajar, kalo gak salah ada di blognya Jay Adalah Yulian, (^_^) Udah ah bye-bye. Go Open Source

Sumber :

  • dari berbagai penjuru Website dan blog
  • Ide dari otak untuk melestarikan budaya sunda

Filed under: aksara sunda,

Anu Sumpping Ka Blog Ieu

  • 10,081 hits